RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Mataram
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : X (Sepuluh) / Genap
Standar
Kompetensi : 5. Menggunakan
perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan
masalah.
Kompetensi Dasar : 5.1. Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang
berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri.
Indikator : 1. Menentukan nilai perbandingan trigonometri
(sinus, kosinus, tangen, kotangen, sekan, dan kosekan suatu sudut) pada
segitiga siku-siku.
2. Menentukan nilai perbandingan trigonometri
(sinus, kosinus, dan tangen) dari sudut khusus.
Alokasi Waktu : 1 x 30 menit
A. Tujuan
Pembelajaran
a. Peserta
didik dapat menentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus, kosinus, tangen,
kotangen, sekan, dan kosekan suatu sudut) pada segitiga siku-siku melalui
diskusi dan tanya jawab.
b. Peserta
didik dapat menentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus, kosinus, dan tangen)
dari sudut khusus melalui diskusi kelompok.
B. Materi Ajar
a. Nilai
Perbandingan trigonometri pada segitiga siku - siku.
b. Nilai
Perbandingan trigonometri sudut - sudut khusus.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi dan penemuan terbimbing.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Peserta Didik
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
5 menit
|
|
a. Menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran
b. Motivasi: Menyampaikan kepada siswa tentang manfaat dari
trigonometri dalam kehidupan sehari-hari
c. Apersepsi: Bertanya untuk mengulas kembali tentang teorema
Phytagoras sebagai materi prasyarat.
|
a.
Memperhatikan penjelasan guru
b.
Bertanya kepada guru
c.
Menjawab pertanyaan guru
|
1
menit
2
menit
2
menit
|
Kegiatan
Inti
|
20 menit
|
|
a. Memberikan stimulus berupa pemberian
materi tentang nilai perbandingan trigonometri (sinus, cosines dan tangn )
pada segitiga siku-siku
b. Memberikan siswa tugas untuk menentukan
nilai perbandingan trigonometri (cosec, secan dan cotangent) pada segitiga
siku-siku.
c. Memberikan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk
menentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus, cosinus dan tangen) pada
sudut-sudut khusus (), dengan satu LKS untuk dua orang
d. Membimbing dan mengamati proses
berjalannya diskusi kelompok
e. Menunjuk dua siswa secara acak untuk
menukiskan dan menjelaskan hasil diskusinya didepan kelas
f. Mengoreksi hasil pekerjaan siswa yang
telah dituliskan dipapan tulis
|
a. Mendengarkan penjelasan guru
b. Bertanya kepada guru
c. Duduk sesuai kelompok yang telah ditentukan
d. Berdiskusi dengan teman kelompok untuk menyelesaikan LKS yang
telah dibagikan
e. Menulis dan Menjelaskan hasil diskusinya didepan kelas
f.
Mengoreksi dan mendiskusikan
hasil pekerjaan temannya
|
4 menit
2
menit
1
menit
5
menit
6 menit
2
menit
|
Penutup
|
5 menit
|
|
a.
Mengarahkan peserta didik
membuat kesimpulan dan membimbing peserta didik melakukan refleksi tentang
proses pembelajaran
b.
Memberikan tugas rumah
sebanyak 3 soal untuk dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
c.
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
a.
Menarik kesimpulan dan
melakukan refleksi
b.
Menyampaikan komentar
terhadap proses pembelajaran
c.
Mencatat tugas untuk
dikerjakan di rumah.
d.
Menyimak penjelasan guru
|
3
menit
1
menit
1
menit
|
E. Media dan Sumber Belajar
1. Media
Lembar Kerja Siswa (LKS) (Terlampir)
2. Sumber
a.
Kartini
dkk. 2005. Matematika
Kelas X SMA Semester I (satu).
Klaten: Intan Pariwara.
b.
Sri
Kurnianingsih dkk.1996. Matematika SMU.
Jakarta: Yudhistira
F. Penilaian
Teknik : tugas
kelompok, tugas individu.
Bentuk Instrumen : soal uraian.
Contoh Instrumen :
Tugas Microteaching, semester 6, FKIP UNRAM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar