welcome

WELCOME TO aqibmathic.blogspot.com

Senin, 22 April 2013

PEMETAAN SOAL MATEMATIKA


No.
Level  Kognitif
KompetensiDasar
1.1
1.2
2.1
2.2
2.3
2.4
3.1
3.2
3.3
3.4
1

Pengetahuan



Ö







2
Pemahaman

Ö
Ö
Ö



Ö
Ö


3
Aplikasi

Ö
Ö

Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
4
Analisa

Ö
Ö

Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö

5
Sintesa

Ö
Ö

Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
6
Evaluasi


Ö

Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö

PEMETAAN SOAL BERDASARKAN KOMPETENSI DASAR
KELAS VII SEMESTER I

Keterangan:
1.1    Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
1.2       Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah

2.1   Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya 
2.2   Melakukan operasi pada bentuk aljabar
2.3   Menyelesaikan persamaan linear satu variabel
2.4   Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel

3.1   Membuat model matematika dari masalah  yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
3.2   Menyelesaikan matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
3.3   Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana
3.4   Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah



 Penjelasan:
KD 1.1 (4 soal) = Level kognitif yang dipilih adalah:
a.       Pemahaman, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk lebih memahami dahulu sifat-sifat  operasi bilbul dan pecahan.
b.      Aplikasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk memecahkan masalah  sifat-sifat  operasi bilbul dan pecahan.
c.       Analisa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk menghubungkan dan membandingkan antara sifat-sifat  operasi bilbul dan bilangan pecahan.
d.      Sintesa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk menghasilkan dan menyimpulkan  tentang  sifat-sifat  operasi bilbul dan bilangan pecahan.

KD 1.2 (5 soal) = Level kognitif yang dipilih adalah:
a.       Pemahaman, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk lebih memahami dahulu sifat-sifat  operasi bilbul dan pecahan.
b.      Aplikasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk memecahkan masalah  yang berkaitan dengan sifat-sifat  operasi bilbul dan pecahan.
c.       Analisa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk menghubungkan dan membandingkan kriteria  masalah yang bisa dipecahkan menggunakan  operasi bilbul dan bilangan pecahan.
d.      Sintesa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk menghasilkan dan menyimpulkan  tentang  masalah-masalah yang bisa dipecahkan menggunakan  operasi bilbul dan bilangan pecahan.
e.       Evaluasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk menunjukkan  sifat-sifat  operasi bilbul dan bilangan pecahan.

KD 2.1 (2 soal)  = Level kognitif yang dipilih adalah:
a.       Pengetahuan, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk mengidentifikasi bentuk aljabar dan unsurnya
b.      Pemahaman, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk lebih memahami bentuk aljabar dan unsurnya.

KD 2.2 (4 soal) = Level kognitif yang dipilih adalah:
a.       Aplikasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk memecahkan masalah  menggunakan operasi aljabar.
b.      Analisa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk membedakan  antara operasi aljabar dan operasi biasa.
c.       Sintesa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk mengkategorikan operasi aljabar.
d.      Evaluasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk menunjukkan  operasi aljabar.


KD 2.3 (4 soal) = Level kognitif yang dipilih adalah:
a.       Aplikasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk memecahkan masalah  yang berkaitan dengan persamaan linier satu variabel.
b.      Analisa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk membedakan  antara persamaan linier dengan persamaan biasa.
c.       Sintesa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk mengkategorikan persamaan linier satu variabel.
d.      Evaluasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk menunjukkan  persamaan linier satu variabel.

KD 2.4 (4 soal) = Level kognitif yang dipilih adalah:
a.       Aplikasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk memecahkan masalah  yang berkaitan dengan pertidaksamaan linier satu variabel.
b.      Analisa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk membedakan  antara pertidaksamaan linier dengan pertidaksamaan biasa.
c.       Sintesa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk mengkategorikan pertidaksamaan linier satu variabel.
d.      Evaluasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk menunjukkan  pertidaksamaan linier satu variabel.

KD 3.1 (5 soal) = Level kognitif yang dipilih adalah:
a.       Pemahaman, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk lebih memahami dahulu bentuk persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel.
b.      Aplikasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk menerapkan dan membuat model matematika  yang berkaitan dengan persamaan dan  pertidaksamaan linier satu variabel.
c.       Analisa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk menghubungkan model matematika antara persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel.
d.      Sintesa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk menghasilkan dan menyimpulkan  bagaimana bentuk model matematika dari persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel .
e.       Evaluasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk menunjukkan  dan menemukan model matematika dari persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel.
KD 3.2 (5 soal) = Level kognitif yang dipilih adalah:
a.       Pemahaman, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk lebih memahami bentuk matematika dari persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel.
b.      Aplikasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk menerapkan model matematika  yang berkaitan dengan persamaan dan  pertidaksamaan linier satu variabel dalam menyelesaikan masalah matematika.
c.       Analisa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk menghubungkan model matematika dengan masalah matematika.
d.      Sintesa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk menghasilkan dan menyimpulkan  bagaimana langkah-langkah menyelesaikan masalah matematika menggunakan model matematika .
e.       Evaluasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk menunjukkan  dan menemukan penyelesaaian dari masalah matematika.

KD 3.3 (4 soal)= Level kognitif yang dipilih adalah:
a.       Aplikasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk menerapkan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana.
b.      Analisa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk menghubungkan konsep aljabar dengan aritmatika sosial.
c.       Sintesa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk menghasilkan dan menyimpulkan  bagaimana langkah-langkah menyelesaikan masalah aritmatika sosial menggunakan konsep aljabar .
d.      Evaluasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk menunjukkan  dan menemukan penyelesaaian dari masalah aritmatika sosial.


KD 3.4 (3 soal)= Level kognitif yang dipilih adalah:
a.       Aplikasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk menerapkan konsep perbandingan untuk pemecahan masalah.
b.      Sintesa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk menghasilkan dan menyimpulkan  bagaimana langkah-langkah menyelesaikan masalah matematika menggunakan konsep perbandingan .
c.       Evaluasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut untuk menunjukkan  dan menemukan penyelesaaian dari masalah matematika yang berhubungan dengan perbandingan.
Jumlah Soal = 40 Soal

Tugas Evaluasi Pembelajaran Matematika

Tidak ada komentar: