welcome

WELCOME TO aqibmathic.blogspot.com

Senin, 22 April 2013

ANALISIS gabungan Menggunakan program i-Teman dan IRT



ANALISIS gabungan  Menggunakan program i-Teman dan IRT (Item Respon Theory) terhadap Soal Evaluasi Akhir Semester
Kelas XI.IPA Yang digunakan di SMAN 1 Aikmel


 



A.    Hasil analisis i-Teman
                     ITEM & TEST ANALYSIS PROGRAM              
>>> ************************************************************** <<<

                                                                

Item analysis for data from file D:UJI.txt                         Page  1


                 Item Statistics             Alternative Statistics
             -----------------------   -----------------------------------
Seq.  Scale   Prop.           Point            Prop.            Point
No.   -Item  Correct  Biser.  Biser.   Alt.  Endorsing  Biser.  Biser. Key
----  -----  -------  ------  ------   ----- ---------  ------  ------ --
11   0-11    0.098    0.207   0.120     A     0.059    -0.578  -0.288 
                                         B     0.098     0.207   0.120  *
           CHECK THE KEY                 C     0.745     0.216   0.159  ?
   B was specified, C works better       D     0.039    -0.350  -0.153 
                                         E     0.059    -0.067  -0.033 
                                       Other   0.000    -9.000  -9.000 
20   0-20    0.255   -0.175  -0.129     A     0.255    -0.175  -0.129  *
                                         B     0.059    -0.407  -0.203 
           CHECK THE KEY                 C     0.059     0.217   0.108 
   A was specified, D works better       D     0.333     0.177   0.137  ?
                                         E     0.275     0.057   0.042 
                                       Other   0.020    -0.101  -0.035 

22   0-22    0.078    0.050   0.027     A     0.059    -0.180  -0.090 
                                         B     0.000    -9.000  -9.000 
           CHECK THE KEY                 C     0.255    -0.445  -0.327 
   D was specified, E works better       D     0.078     0.050   0.027  *
                                         E     0.608     0.407   0.321  ?
                                       Other   0.000    -9.000  -9.000 
Scale Statistics
----------------

  Scale:           0  
               -------
N of Items          25
N of Examinees      51
Mean            15.725
Variance         8.670
Std. Dev.        2.944
Skew             0.113
Kurtosis        -0.076
Minimum          9.000
Maximum         22.000
Median          15.000
Alpha            0.586
SEM              1.895
Mean P           0.629
Mean Item-Tot.   0.312
Mean Biserial    0.452
B.     Hasil analisis IRT
Hasil analisis IRT dalam bentuk Excek dapat dilihat di analisis IRT.xlsx.
 
 
 
 


A.    Pembahasan
Dari hasil analisis i-Teman diperoleh ada 3 soal yang diinstruksikan untuk dicek kunci jawabannya yaitu soal nomor 11, 20, dan 22. Hal itu disebabkan karena siswa lebih banyak menjawab yang bukan merupakan kunci jawaban dari soal tersebut.

Untuk soal nomor 11:
Dari hasil analsis program i-Teman dipeorleh proporsi siswa menjawab benar 0.098,dan daya beda (biserial)     0.207, sedangkan hasil analisis IRT didapatkan proporsi siswa menjawab benar 0.12,dan daya beda (biserial)  0.2. Sehingga soal nomor 11 ini masih bisa dijadikan soal untuk diujikan, tetapi masih perlu adirevisi mulai dari bentuk soalnya dan posisi kunci jawabannya.
 


Dari hasil analisis IRT uga diperoleh grafiknya seprti pada gambar diatas, terjadi perbedaan yang signifikan antara siswa yang berkemampuan tinggi dengan siswa yang berkemampuan rendah dalam peluangnya menjawab benar soal nomor 11.

Untuk soal nomor 20:
Dari hasil analsis program i-Teman dipeorleh proporsi siswa menjawab benar 0.255  dan daya beda (biserial)-0.175 , sedangkan hasil analisis IRT didapatkan proporsi siswa menjawab benar 0,24 ,dan daya beda (biserial) -0.23. Sehingga soal nomor 11 ini tidak layak dijadikan soal untuk diujikan.


Dari hasil analisis IRT uga diperoleh grafiknya seprti pada gambar diatas, terjadi perbedaan yang signifikan antara siswa yang berkemampuan tinggi dengan siswa yang berkemampuan rendah dalam peluangnya menjawab benar soal nomor 20.





Untuk soal nomor 22:
Dari hasil analsis program i-Teman dipeorleh proporsi siswa menjawab benar 0.078 dan daya beda (biserial) 0.050 , sedangkan hasil analisis IRT didapatkan proporsi siswa menjawab benar 0,08 ,dan daya beda (biserial) 0,00. Sehingga soal nomor 11 ini tidak layak dijadikan soal untuk diujikan.
Dari hasil analisis IRT uga diperoleh grafiknya seprti pada gambar diatas, terjadi perbedaan yang signifikan antara siswa yang berkemampuan tinggi dengan siswa yang berkemampuan rendah dalam peluangnya menjawab benar soal nomor 22.

A.    Kesimpulan
1.      Analisis butir soal menggunakan program i-Teman lebih lengkap dan lebih kompleks
2.      Tidak terjadi perbedaan yang signifikan antara analisis menggunakan i-Teman dengan analisis IRT menggunakan MS Excel.
3.      Analisis butir soal akan menjadi lebih efektif jika dikombinasikan antara i-Teman dengan IRT.


Tugas Evaluasi Pembelajaran Matematika

Tidak ada komentar: