No.
|
Level Kognitif
|
KompetensiDasar
|
|||||||||
1.1
|
1.2
|
2.1
|
2.2
|
2.3
|
2.4
|
3.1
|
3.2
|
3.3
|
3.4
|
||
1
|
Pengetahuan
|
|
|
Ö
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pemahaman
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
|
|
Ö
|
Ö
|
|
|
3
|
Aplikasi
|
Ö
|
Ö
|
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
4
|
Analisa
|
Ö
|
Ö
|
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
5
|
Sintesa
|
Ö
|
Ö
|
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
6
|
Evaluasi
|
|
Ö
|
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
KELAS
VII SEMESTER I
Keterangan:
1.1
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan
pecahan
1.2
Menggunakan
sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah
2.1
Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya
2.2
Melakukan operasi pada bentuk aljabar
2.3
Menyelesaikan persamaan linear satu variabel
2.4 Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu
variabel
3.1
Membuat model matematika dari masalah
yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
3.2
Menyelesaikan matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan
dan pertidaksamaan linear satu variabel
3.3
Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial
yang sederhana
3.4 Menggunakan perbandingan untuk pemecahan
masalah
Penjelasan:
KD
1.1 (4 soal)
= Level kognitif yang dipilih adalah:
a.
Pemahaman, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk lebih memahami dahulu sifat-sifat
operasi bilbul dan pecahan.
b.
Aplikasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk memecahkan masalah
sifat-sifat operasi bilbul dan
pecahan.
c.
Analisa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk menghubungkan dan membandingkan antara sifat-sifat operasi bilbul dan bilangan pecahan.
d.
Sintesa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk menghasilkan dan menyimpulkan
tentang sifat-sifat operasi bilbul dan bilangan pecahan.
KD
1.2 (5 soal)
= Level kognitif yang dipilih adalah:
a.
Pemahaman, karena pada kategori ini peserta didik
dituntut untuk lebih memahami dahulu sifat-sifat operasi bilbul dan pecahan.
b.
Aplikasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk memecahkan masalah yang berkaitan
dengan sifat-sifat operasi bilbul dan
pecahan.
c.
Analisa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk menghubungkan dan membandingkan kriteria
masalah yang bisa dipecahkan menggunakan
operasi bilbul dan bilangan pecahan.
d.
Sintesa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk menghasilkan dan menyimpulkan
tentang masalah-masalah yang bisa
dipecahkan menggunakan operasi bilbul
dan bilangan pecahan.
e.
Evaluasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk menunjukkan sifat-sifat operasi bilbul dan bilangan pecahan.
KD
2.1 (2 soal) = Level kognitif yang dipilih
adalah:
a.
Pengetahuan, karena pada kategori ini peserta didik
dituntut untuk mengidentifikasi bentuk aljabar dan unsurnya
b.
Pemahaman, karena pada kategori ini peserta didik
dituntut untuk lebih memahami bentuk aljabar dan unsurnya.
KD
2.2 (4 soal) = Level
kognitif yang dipilih adalah:
a.
Aplikasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk memecahkan masalah menggunakan
operasi aljabar.
b.
Analisa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk membedakan antara operasi aljabar
dan operasi biasa.
c.
Sintesa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk mengkategorikan operasi aljabar.
d.
Evaluasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk menunjukkan operasi aljabar.
KD
2.3 (4 soal) =
Level kognitif yang dipilih adalah:
a.
Aplikasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk memecahkan masalah yang berkaitan
dengan persamaan linier satu variabel.
b.
Analisa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk membedakan antara persamaan linier
dengan persamaan biasa.
c.
Sintesa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk mengkategorikan persamaan linier satu variabel.
d.
Evaluasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk menunjukkan persamaan linier satu
variabel.
KD
2.4 (4 soal)
= Level kognitif yang dipilih adalah:
a.
Aplikasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk memecahkan masalah yang berkaitan
dengan pertidaksamaan linier satu variabel.
b.
Analisa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk membedakan antara pertidaksamaan
linier dengan pertidaksamaan biasa.
c.
Sintesa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk mengkategorikan pertidaksamaan linier satu variabel.
d.
Evaluasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk menunjukkan pertidaksamaan linier
satu variabel.
KD
3.1 (5 soal) =
Level kognitif yang dipilih adalah:
a.
Pemahaman, karena pada kategori ini peserta didik
dituntut untuk lebih memahami dahulu bentuk persamaan dan pertidaksamaan linier
satu variabel.
b.
Aplikasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk menerapkan dan membuat model matematika
yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan linier satu variabel.
c.
Analisa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk menghubungkan model matematika antara persamaan dan pertidaksamaan linier
satu variabel.
d.
Sintesa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk menghasilkan dan menyimpulkan
bagaimana bentuk model matematika dari persamaan dan pertidaksamaan linier
satu variabel .
e.
Evaluasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk menunjukkan dan menemukan model
matematika dari persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel.
KD
3.2 (5 soal)
= Level kognitif yang dipilih adalah:
a.
Pemahaman, karena pada kategori ini peserta didik
dituntut untuk lebih memahami bentuk matematika dari persamaan dan
pertidaksamaan linier satu variabel.
b.
Aplikasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk menerapkan model matematika yang
berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan linier satu variabel dalam menyelesaikan masalah
matematika.
c.
Analisa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk menghubungkan model matematika dengan masalah matematika.
d.
Sintesa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk menghasilkan dan menyimpulkan bagaimana
langkah-langkah menyelesaikan masalah matematika menggunakan model matematika .
e.
Evaluasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk menunjukkan dan menemukan penyelesaaian
dari masalah matematika.
KD
3.3 (4 soal)=
Level kognitif yang dipilih adalah:
a.
Aplikasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk menerapkan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial
yang sederhana.
b.
Analisa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk menghubungkan konsep aljabar dengan aritmatika sosial.
c.
Sintesa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk menghasilkan dan menyimpulkan
bagaimana langkah-langkah menyelesaikan masalah aritmatika sosial
menggunakan konsep aljabar .
d.
Evaluasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk menunjukkan dan menemukan
penyelesaaian dari masalah aritmatika sosial.
KD
3.4 (3 soal)=
Level kognitif yang dipilih adalah:
a.
Aplikasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk menerapkan konsep perbandingan untuk pemecahan masalah.
b.
Sintesa, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk menghasilkan dan menyimpulkan
bagaimana langkah-langkah menyelesaikan masalah matematika menggunakan
konsep perbandingan .
c.
Evaluasi, karena pada kategori ini peserta didik dituntut
untuk menunjukkan dan menemukan
penyelesaaian dari masalah matematika yang berhubungan dengan perbandingan.
Jumlah Soal = 40 Soal
Tugas Evaluasi Pembelajaran Matematika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar