ANALISIS gabungan
Menggunakan program i-Teman dan IRT (Item Respon Theory) terhadap Soal Evaluasi Akhir Semester
Kelas XI.IPA Yang digunakan di SMAN 1 Aikmel
A.
Hasil analisis i-Teman
ITEM & TEST ANALYSIS
PROGRAM
>>>
************************************************************** <<<
Item analysis for data from file
D:UJI.txt
Page 1
Item Statistics Alternative Statistics
-----------------------
-----------------------------------
Seq.
Scale Prop. Point Prop. Point
No.
-Item Correct Biser.
Biser. Alt. Endorsing
Biser. Biser. Key
----
----- ------- ------
------ ----- --------- ------
------ --
11
0-11 0.098 0.207
0.120 A 0.059
-0.578 -0.288
B 0.098
0.207 0.120 *
CHECK THE KEY C 0.745
0.216 0.159 ?
B
was specified, C works better
D 0.039 -0.350
-0.153
E 0.059
-0.067 -0.033
Other 0.000
-9.000 -9.000
20
0-20 0.255 -0.175
-0.129 A 0.255
-0.175 -0.129 *
B 0.059
-0.407 -0.203
CHECK THE KEY
C 0.059 0.217
0.108
A
was specified, D works better
D 0.333 0.177
0.137 ?
E 0.275
0.057 0.042
Other 0.020 -0.101
-0.035
22
0-22 0.078 0.050
0.027 A
0.059 -0.180 -0.090
B 0.000
-9.000 -9.000
CHECK THE KEY
C 0.255 -0.445
-0.327
D
was specified, E works better
D 0.078 0.050
0.027 *
E 0.608
0.407 0.321 ?
Other 0.000 -9.000
-9.000
Scale Statistics
----------------
Scale: 0
-------
N of Items 25
N of Examinees 51
Mean 15.725
Variance 8.670
Std. Dev. 2.944
Skew 0.113
Kurtosis -0.076
Minimum 9.000
Maximum 22.000
Median 15.000
Alpha 0.586
SEM 1.895
Mean P
0.629
Mean Item-Tot. 0.312
Mean Biserial 0.452
B.
Hasil analisis IRT
A.
Pembahasan
Dari
hasil analisis i-Teman diperoleh ada 3 soal yang diinstruksikan untuk dicek
kunci jawabannya yaitu soal nomor 11, 20, dan 22. Hal itu disebabkan karena
siswa lebih banyak menjawab yang bukan merupakan kunci jawaban dari soal
tersebut.
Untuk soal nomor 11:
Dari hasil analsis program
i-Teman dipeorleh proporsi siswa menjawab benar 0.098,dan daya beda
(biserial) 0.207, sedangkan hasil
analisis IRT didapatkan proporsi siswa menjawab benar 0.12,dan daya beda
(biserial) 0.2. Sehingga soal nomor 11
ini masih bisa dijadikan soal untuk diujikan, tetapi masih perlu adirevisi
mulai dari bentuk soalnya dan posisi kunci jawabannya.
Dari
hasil analisis IRT uga diperoleh grafiknya seprti pada gambar diatas, terjadi
perbedaan yang signifikan antara siswa yang berkemampuan tinggi dengan siswa
yang berkemampuan rendah dalam peluangnya menjawab benar soal nomor 11.
Untuk soal nomor 20:
Dari hasil
analsis program i-Teman dipeorleh proporsi siswa menjawab benar 0.255 dan daya beda (biserial)-0.175 , sedangkan
hasil analisis IRT didapatkan proporsi siswa menjawab benar 0,24 ,dan daya beda
(biserial) -0.23. Sehingga soal nomor 11 ini tidak layak dijadikan soal untuk
diujikan.
Dari hasil analisis IRT
uga diperoleh grafiknya seprti pada gambar diatas, terjadi perbedaan yang
signifikan antara siswa yang berkemampuan tinggi dengan siswa yang berkemampuan
rendah dalam peluangnya menjawab benar soal nomor 20.
Untuk soal nomor 22:
Dari hasil analsis
program i-Teman dipeorleh proporsi siswa menjawab benar 0.078 dan daya beda
(biserial) 0.050 , sedangkan hasil analisis IRT didapatkan proporsi siswa
menjawab benar 0,08 ,dan daya beda (biserial) 0,00. Sehingga soal nomor 11 ini
tidak layak dijadikan soal untuk diujikan.
Dari hasil analisis IRT
uga diperoleh grafiknya seprti pada gambar diatas, terjadi perbedaan yang
signifikan antara siswa yang berkemampuan tinggi dengan siswa yang berkemampuan
rendah dalam peluangnya menjawab benar soal nomor 22.
A.
Kesimpulan
1. Analisis
butir soal menggunakan program i-Teman lebih lengkap dan lebih kompleks
2. Tidak
terjadi perbedaan yang signifikan antara analisis menggunakan i-Teman dengan
analisis IRT menggunakan MS Excel.
3. Analisis
butir soal akan menjadi lebih efektif jika dikombinasikan antara i-Teman dengan
IRT.
Tugas Evaluasi Pembelajaran Matematika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar