NAMA : M. HUSNUL AQIB
NIM : E1R 010 050
KELAS : B
|
Tes Uraian
|
Tes Pilihan Ganda
|
Kelebihan
|
·
Guru tidak terlalu sulit untuk menyusun
bentuk tes uraian
·
Melatih siswa mengkontruksi gagasannya
dengan baik
·
Hemat/ ekonomis karena sarana kertas untuk
menjawab terbatas
|
·
Dapat digunakan
untuk mengukur proses berpikir rendah sampai dengan sedang (ingatan,
pemahaman, dan penerapan).
·
Semua atau
sebagian besar materi yang telah diajarkan dapatditanyakan saat ujian
·
Pemberian skor
pada setiap siswa dapat dilakukan dengan cepat
·
Tingkat
kesukaran butir soal dapat dikendalikan
·
Informasi yang
diperoleh dari tes objektif lebih kaya
|
Kekurangan
|
·
Soal lazimnya terbatas sehingga cakupan
materi evaluasi juga terbatas.
·
Jawaban heterogin sehingga sering
menyulitkan dalam menilai
·
Subyektifitas penilai sulit dihindari
·
Karakteristik penyusun tes essay yang
berlainan sering menimbulkan salah persepsi bagi siswa
|
·
Butir soal yang
diujikan kepada siswa atau mahasiswa kebanyakan hanya mengukur proses berpikir
rendah.
·
Membuat
pertanyaan tes objektif yang baik lebih sukar.
·
Kemampuan
siswa dapat terganggu oleh
kemampuannya dalam membaca dan menerka
·
Siswa tidak
dapat mengorganisasikan, menghubungkan, dan menyatakan idenya sendiri
·
Kurang tepat untuk mengukur sintetis dan
evaluasi
|
1.
Soal Ulangan harian
Berdasarkan
tabel diatas, maka soal ulangan harian lebih baik menggunakan soal uraian,
sebab:
a.
Guru tidak terlalu sulit untuk menyusun bentuk
tes uraian, sehingga guru bisa lebih memfokuskan untuk menyusun strategi dalam
mengajar.
b.
Melatih siswa mengkontruksi gagasannya dengan
baik kemudian mengekpresikannya ke
dalam sebuah jawaban tertulis sebagai
bentuk komunikasi dengan guru . Sehingga dengan terlatihnya siswa
mengkonstruksi gagasannya, maka ini akan menjadi modal awal untuk mempelajari
materi selanjutnya terlebih lagi saat ujian semester.
c.
Jika soal ulangan
harian menggunakan pilihan ganda, maka soal yang diujikan kepada siswa atau mahasiswa
kebanyakan hanya mengukur proses berpikir rendah. Sehingg ini akan mempersulit
siswa untuk mengembangkan proses berfikirnya.
d.
Jika kita memilih
pilihan ganda sebagai soal ulangan harian maka Kemampuan anak dapat terganggu
oleh kemampuannya dalam membaca dan
menerka. Dan ini dapat menyebabkan malasnya siswa untuk berfikir.
2. Soal Ujian Akhir
Semester.
Berdasarkan
tabel diatas bentuk soal ujian Akhir Semester baiknya mengkombinasikan antara
soal pilihan ganda dengan soal uraian, sebab:
a.
Dengan
mengkombinasikan antara soal pilihan ganda dengan soal uraian akan bisa mengukur
seberapa jauh pemahaman siswa terhadap materi yang diberika selama satu
semester.
b.
Proses berfikir
siswa dalam memecahkan soal dapat terpenuhi, mulai dari proses berfikir rendah
(soal pilihan ganda) sampai yang tinggi (soal uraian).
c.
Dengan
mengkombinasikan antara soal pilihan ganda dengan soal uraian maka tingkat
kesukaran butir soal pada pilihan ganda dapat disesuaikan dengan soal uraian.
d.
Dengan
mengkombinasikan antara soal pilihan ganda dengan soal uraian maka
subyektifitas penilai akan bisa dihindari.
TUGAS EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar