welcome

WELCOME TO aqibmathic.blogspot.com

Kamis, 30 Mei 2013

Matematika Logika
Dalam sebuah kelas, Guru sedang memberikan soal cerita matematika.
GURU:
"Anda pergi ke pasar swalayan untuk membeli tepung. Di sana ada kemasan tepung 1 kg dengan harga Rp. 5.000,- Juga ada kemasan tepung 5 kg dengan harga Rp.20.000,- Kemasan mana yang sebaiknya Anda beli agar Anda bisa hemat dan untung?"
ROBERT:
"Kita sebaiknya membeli kemasan 1 kg dengan harga Rp. 5.000,-"
GURU:
"Wah, sayang sekali. Jawabanmu salah Robert. Seharusnya kita membeli tepung dengan kemasan 5 kg seharga Rp. 20.000,-"
ROBERT:
"Tapi Bu Guru … bukankah di rumah Ibu hanya membutuhkan sedikit tepung? Saya kira 1 kg saja sudah cukup. Malah barusan Ibu saya membuang 1 sak tepung yang sudah rusak karena lama tidak terpakai. Bukankah ini malah lebih boros dan “membuang-buang uang” saja?"
GURU:
"Tidak Robert. Jawaban yang benar adalah kita harus membeli tepung dengan kemasan 5 kg seharga Rp. 20.000,- karena itulah jawaban yang seharusnya."
ROBERT:
"Tapi Bu … untuk apa membeli tepung sebanyak itu bila toh nantinya tidak terpakai?"
GURU:
"Robert … memang itulah jawaban yang benar. Kamu jangan membantah."
ROBERT:
"Tapi Bu … menurut saya jawaban yang benar adalah …"
GURU:
"SUDAHLAH Robert! Ayo sekarang ikut Ibu Guru menghadap Kepala Sekolah. Kelakuanmu sangat buruk hari ini! Tidak seharusnya kamu membangkang di kelas."
(Si Robert dalam kisah di atas adalah ROBERT T. KIYOSAKI, seperti yang dialaminya sendiri. Angka-angka telah disesuaikan.)

sumber:http://www.michaelyamin.net

aQib cnuL 

Kisah Guru Bijak dan Sebuah Toples

DEFINISI CINTA DALAM MATEMATIKA


Didalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata “cinta”. Kita juga sering mendengar makna dari cinta, bahkan berbeda sumber berbeda pula maknanya, tetapi didalam perbedaan itu apabila kita kaji lebih mendalam terdapat suatu kesamaan arti. Terkadang kita bisa mendefinisikan sendiri makna cinta, tergantung dari cara pandang kita bagaimana menilainya, semua itu tentu saja bagi kita yang sudah pernah mengalaminya. Berikut adalah beberapa definisi cinta dengan mengibaratkan pada topik-topik matematika.
Cinta ibarat berada didalam semesta pembicaraan
Yakni objek-objek dioperasikan dengan memandang semestanya. Dalam hal ini, cinta tidak layak tumbuh jika menyimpang dari ajaran agama, hukum, maupun aturan-aturan yang berlaku.
Cinta ibarat relasi pada himpunan
Yakni suatu hubungan antara dua anggota himpunan tanpa memperhatikan aturan memasangkan. Dalam hal ini, cinta adalah suatu hubungan antara dua anak manusia tanpa memandang siapa berpasangan dengan siapa, semisal status sosial mereka dalam kehidupan.
Cinta ibarat operasi aljabar
Yakni suatu usaha untuk mendapatkan hasil operasi. Dalam hal ini, cinta membutuhkan upaya yang keras untuk mendapatkan hasil yang ingin dicapai, tidak hanya dengan ucapan, melainkan juga ditunjukkan dengan perbuatan.
Cinta ibarat fungsi bijektif pada himpunan
Yakni hubungan antara sebarang anggota himpunan yang satu ke tepat satu anggota himpunan lain demikian pula sebaliknya. Dalam hal ini, cinta hanya ditujukan oleh seseorang ke tepat satu lawan hati, demikian sebaliknya si lawan hati juga menujukan cintanya ke tepat satu, yaitu orang yang bersangkutan.
Cinta ibarat terletak didalam persekitaran titik tetap dengan jari-jari bilangan real nonnegatif tertentu
Yakni letak titik-titik dengan jarak dari titik tetap adalah bilangan real nonnegatif tertentu. Dalam hal ini, cinta adalah suatu perasaan yang menganggap keberadaan sang pujaan didalam hati terletak dalam jarak yang sangat dekat.
Cinta ibarat barisan konvergen
Yakni barisan yang mempunyai limit dan limitnya adalah tunggal. Dalam hal ini, cinta adalah suatu perasaan didalam hati yang menuju dengan tunggal hanya ke sang pujaan.
Cinta ibarat fungsi monoton tidak turun
Yakni suatu fungsi yang jika semakin besar nilai anggota domainnya maka semakin besar pula nilai fungsinya. Dalam hal ini, cinta adalah rasa kasih dan sayang yang semakin lama tidak akan pernah berkurang apalagi hilang.

repost dari:http://indahbegituindah.wordpress.com/2011/03/17/arti-cinta/

Kamis, 23 Mei 2013

Puisi cinta ala matematika

Matematika Untuk Cinta

Wahai pujaanku…
Jadikan aku solusi optimasi bagimu
Kan ku cari alternatif terbaik untuk kasih dan sayangmu
Di setiap simulasi dan iterasi simpleks hatiku
Bila hasil telah kau dapatkan 
Jangan kau hitung sensitifitasnya
Biarkan hasilnya tetap untuk fungsi tujuan kita
Berkelana di antara kendala dan ruas kanan hati kita
Hingga Allah yang merevisi segalanya
Kisah kita tak semudah logika matematika
Tak ada fungsi limit untuknya
Tak dapat dikembalikan seperti integral dan differensial
Dan tidak selurus linear programming
Namun hati ini bertanda mutlak untukmu
Tak ada negasi-ingkaran untuk cinta ini
Yang ada hanya seorang pengagum hukum-hukum empiris
Yang selalu menanti cintamu
——————————————————————————————————————
Sebuah puisi karya Ricky Tzuarvizan

Cara Pendaftaran SBMPTN 2013

Cara Pendaftaran SBMPTN 2013 – Melanjutkan Ke Jenjang Perguruan Tinggi memang sangat banyak orang yang menginginkan untuk melanjutkan, di tahun 2013 ini sudah di buka pendaftaran SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri),  memang kebanyakan Siswa ingin masuk di perguruan tinggi negeri.
Pendaftaran SBMPTN ini sudah sangat mudah dapat di lakukan secara online dengan syarat ada data rekam prestasi yang sudah tercatat PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) untuk lebih jelasnya baca panduan Pendaftaran SBMPTN 2013.
Persyaratan SNMPTN 2013
1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2013.
2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS.
3. Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah.
4. Memiliki prestasi akademik di sekolah pada semua semester.
Cara Pendaftaran SNMPTN 2013
Untuk mengikuti SNMPTN, harus melalui 2 (dua) tahap yaitu pengisian PDSS dan pendaftaran.
Pengisian PDSS
1. Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
2. Kepala Sekolah mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan untuk melakukan verifikasi.
3. Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah.
4. Bagi siswa yang tidak melaksanakan verifikasi maka data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.
Pendaftaran
1. Siswa Pelamar, menggunakan NISN dan password, yang diberikan oleh Kepala Sekolah pada waktu verifikasi data di PDSS, login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
2. Siswa Pelamar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan. Siswa pelamar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
3. Kepala Sekolah harus memberi rekomendasi kepada siswa yang sudah mendaftar SNMPTN.
4. Pelamar program studi keolahragaan dan seni harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang diisi oleh Kepala Sekolah dan/atau siswa menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman http://www.snmptn.ac.id.
5. Siswa pelamar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
KETERANGAN
1 Februari 2013 – 8 Maret 2013 : Siswa login menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah (password sama dengan yang dipakai untuk login di http://pdss.snmptn.ac.id
1 Februari 2013 – 8 Maret 2013 : Siswa mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi portofolio (jika memilih program studi Seni/Olahraga)
9 Februari 2013 – 8 Maret 2013 : Siswa melakukan finalisasi pendaftaran
9 Februari 2013 – 8 Maret 2013 : Kepala Sekolah melakukan verifikasi dan rekomendasi terhadap pendaftaran siswa
9 Februari 2013 – 8 Maret 2013 : Siswa mencetak kartu ujian SNMPTN 2013
JADWAL SNMPTN
Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:
Pengisian PDSS : 17 Desember 2012 – 8 Februari 2013
Pendaftaran : 1 Februari – 8 Maret 2013
Proses Seleksi : 9 Maret – 27 Mei 2013
Pengumuman Hasil Seleksi : 28 Mei 2013
Pendaftaran Ulang yang Lulus Seleksi : 11-12 Juni 2013
Jika Informasi Ini masih kurang lengkap bisa mengunjungi situs resmi SMBPTN 2013 yaitu http://www.sbmptn.or.id, Sekian Informasi dari aQib cnuL Semoga Bermanfaat!!

Sabtu, 11 Mei 2013

Mengenal lebih dekat Tuan Guru Bajang


Nama: TGH M Zainul Majdi MA
Nama Populer: Tuan Guru Bajang
Lahir: 31 Mei 1972
Istri: Hj. Rabiatul Adawiyah, SE
Anak:
Muhammad Rifqi Farabi
Zahwa Nadira
Fatimah Azzahra
Zaida Salima
Agama: Islam
Pendidikan:
SDN. No.2 Mataram (lulus Thn. 1985), Madrasah Tsanawiyah NW dan Madrasah Aliyah Mu’allimin Pancor (dalam 5 tahun pendidikan lulus Thn.1990), Ma’had Darul Qur’an Wal-Hadist NW Pancor (lulus Thn.1991), Universitas Al-Azhar Cairo Fakultas Usuluddin Jurusan Tafsir & ilmu-ilmu Al
Qur’an (lulus Licenci (Lc) Thn. 1995, & lulus Master of Art (MA) Thn. 2000), Mahasiswa program Doktor S3 Fakultas Usluhuddin Jurusan Tafsir Ilmu-ilmu Al Quran Universitas Al Azhar Cairo Mesir
(sejak 2003).

Karir:
1999- sekarang : Da’i Islam
1999 – sekarang : Ro’is ‘Am Dewan Tanfidziyah PBNW
2000 – sekarang : Ketua YPH PPD NW Pancor
2004 – sekarang : Anggota DPR RI (Nomor Anggota A.10)

Hobi: Membaca
Alamat: Jl. Raya Gelang Pancor Lombok Timur
Makanan Kesukaan: Pelecing

Gubernur NTB, H.M. Zainul Majdi yang lebih dikenal Tuan Bajang Lahir di Pancor 31 Mei 1972, dari rahim Ustadzah Hj Sitti Rauhun Zainuddin AM, putri pertama Almagfurullah Maulanaseikh TGKH Zainuddin Abdul Majid atau yang dikenal dengan sebutan Tuan Guru Pancor, Majdi mengawali masa kecilnya dalam lingkungan Ponpes NW.

Menginjak usia sekolah, putra seorang mantan birokrat, yang saat ini duduk sebagai Rektor Universitas NTB, H Muhammad Djalaluddin SH MM itu, disekolahkan oleh orang tuanya di SDN
No 3. Mataram. Baru duduk di bangku SD, kecerdasan dan kemampuan kepemimpinan Majdi sudah terlihat. Sejak kelas satu hingga kelas VI, Majdi selalu mendapat rangking pertama. Oleh kawan-kawannya, Majdi juga diangkat sebagai ketua kelas, maupun pemimpin kelompok anak laki-laki di kelasnya.

Usai menamatkan sekolan di SDN 3 Mataram tahun 1985 lalu, penggemar plecing ini, melanjutkan sekolah di Madrasah Tsanawiyah NW dan HUMAS PEMBERITAAN DAN KOMUNIKASI Madrasah Aliyah Mu’allimin Pancor. Karena kecerdasannya ia hanya melakukan studi hanya dalam 5 tahun, dan dinyatakan lulus tahun 1990. Selama setahun kemudian Majdi melanjutkan sekolah di Ma’had Darul Qur’an Wal- Hadist NW Pancor (lulus tahun 1991).

Mengenyam ilmu di daerah, tidak membuat Majdi berpuas diri. Dia lalu melanjutkan kuliah di Universitas Al- Azhar Cairo, dan mengambil Jurusan Tafsir dan ilmu-ilmu Al Qur’an Fakultas
Usluhuddin. Kurang empat tahun, Majdi dinyatakan lulus dengan gelar Licenci (Lc) pada tahun 1995. Dia kemudian melanjutkan kuliah di fakultas dan jurusan yang sama dan dinyatakan lulus Master
of Art (MA) pada tahun 2000. Kini H.M Zainul Majdi telah tercatat sebagai mahasiswa terbaik Doktor (S3) di almamaternya Fakultas Usluhuddin Jurusan Tafsir Ilmu-ilmu Al Quran Universitas Al Azhar Cairo Mesir. Jika lulus, Majdi merupakan salah satu intelektual Islam yang spesifikasi keilmuannya terbilang masih sangat langka, terutama di Indonesia. Melihat perjalanan pendidikannya, maka tak heran jika Majdi sangat konsen terhadap pengembangan pendidikan. Tak heran, dalam visi missinya, Majdi menempatkan pendidikan gratis sebagai jualan utama.

Di usianya yang masih sangat muda, kiprah tokoh NTB ini, sudah diakui di tingkat nasional. Salah satu buktinya dengan diangkatnya suami dari Hj Rabiatul Adawiyah SE ini, sebagai Menteri Agama dalam kabinet bayangan yang digagas Koalisi Muda Parlemen Indonesia (KMPI). Jika tidak memiliki
kualitas di atas rata-rata, tidak mungkin kabinet bayangan ini mengangkat diri Majdi. Padahal saat diangkat sebagai ‘’menteri’’ usianya masih 32 tahun. Apalagi dalam proses pembentukan Shadow Government, KMPI melakukan proses seleksi secara terukur dan objektif. Tidak berdasarkan kepentingan politik, yang saat ini banyak mewarnai perekrutan pejabat di Negara kita. Kabarnya Sampai saat ini kabinet bayangan itu masih melakukan rapatrapat.

Dari perkawinannya , kini Tuan Guru Bajang dikaruniai empat putra dan putri, yaitu Muhammad Rifqi Farabi, Zahwa Nadira, Fatimah Azzahra dan Zaida Salima. Kemampuan kepemimpinan Tuan Guru Bajang sudah terlihat jauh sebelum terpilihnya sebagai Gubernur NTB. Keberhasilannya memimpin NW, salah satu organisasi Islam terbesar di NTB menunjukkan Tuan Guru Bajang bukan pemimpin biasa. Ayah empat putra ini, mulai memimpin NW sejak wafatnya pendiri sekaligus kakek beliau yaitu Tuan Guru Pancor tahun 1995 lalu. Di awal kepemimpinannya di NW, sudah ada bibit perpecahan yang berujung pada lahirnya dualisme kepemimpinan organisasi tersebut. Di tengah hantaman krisis dan gonjang-ganjing pertikaian internal organisasi tersebut, sang tuan guru muda ini tidak terpengaruh. Dia terus berupaya mengembangkan dan mamajukan
organisasi NW. ‘’Dalam kondisi ini saya tetap berharap dan berikhtiar untuk rekonsiliasi. Setiap kejadian penuh hikmah, dengan cara ini kita berbagi peran dengan berbagai tugas besar untuk membina dan membangun ummat,’’ katanya.

Sebagai seorang ulama’ Majdi tidak termasuk kalangan ulama yang inclusive (ortodox), dalam arti menerima mentahmentah seluruh warisan tradisi budaya yang telah ada dan tidak serta-merta menolak seluruh hal yang berbau “modern”. Ia juga tidak termasuk yang exclusive dalam arti menerima saja seluruh hal “baru” yang datang kemudian tetapi memegang prinsip “Almufahazatu ‘ala-Iqadimasholeh, wal akhdzu bil jadidil ashlan”. (Memelihara tradisi yang baik dan menerima hal baru yang baik). Hal ini berarti, tolak ukur sesuatu untuk diterima atau tidak, bukan dilihat dari lama atau barunya, melainkan atas`dasar baik atau buruknya. Ditengah gejolak internal tersebut, Majdi
terus memantapkan arah perjalanan dan mengembangkan organisasi tersebut. Sekarang terlihat nyata kemajuanorganisasi NW yang merupakan Organisasi Islam terbesar di NTB. Majdi merupakan sosok ulama yang sangat peduli terhadap dunia pendidikan. Dibuktikan dengan banyaknya prestasi dan penghargaannya dalam pengembangan dunia pendidikan.

Ketika memasuki dunia Legislatif DPR RI di dalam komisi X, Majdi bersama anggota dewan yang lain berhasil melahirkan undang-undang sertifikasi guru dan dosen. Undang-undang ini dinilai banyak kalangan akan dapat mensejahterakan guru dan dosen yang merupakan pelaku utama pengembangan dunia pendidikan. Ujungnya membuat kualitas pendidikan Indonesia dimasa depan akan semakin bagus.

Kuota Bidik Misi Tahun 2013 di Seluruh PTN

 Kuota Bidik Misi Tahun 2013 di Seluruh PTN kini meningkat dari tahun kemain yang hanya 30 ribu menjadi 50 ribu peserta ini tidak lepas dari peran pemerintah dalam menaggulangi masalah pendidian di indonesia yang memasuki babak baru dan masalah baru. Kuota Bidik Misi Tahun 2013 di Seluruh PTN bisa dilihat dibuku pedoman bidik misi tahun ini yang sudah keluar february kemarin, namaun untuk yang belum tahu Kuota Bidik Misi Tahun 2013 di Seluruh PTN silahkan lihat di bawah ini.
PERGURUAN TINGGI PENYELENGGARA DAN KUOTA TAHUN 2013
NO  PERGURUAN TINGGI  KUOTA
1     INSTITUT PERTANIAN BOGOR    1,100
2     INSTITUT SENI INDONESIA DENPASAR      180
3     INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA  180
4     INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA    50
5     INSTITUT SENI INDONESIA PADANG PANJANG    60
6     INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG    800
7     INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER    800
8     POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA  150
9     POLITEKNIK MANUFAKTUR BANDUNG  95
10   POLITEKNIK MANUFAKTUR TIMAH BANGKA BELITUNG    45
11  POLITEKNIK NEGERI AMBON 75
12  POLITEKNIK NEGERI BALI 50
13  POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN 100
14  POLITEKNIK NEGERI BANDUNG 170
15  POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN 100
16  POLITEKNIK NEGERI BATAM 130
17  POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS 100
18  POLITEKNIK NEGERI JAKARTA  125
19  POLITEKNIK NEGERI JEMBER 225
20  POLITEKNIK NEGERI KUPANG 120
21  POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG 100
22  POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE      175
23  POLITEKNIK NEGERI MALANG  100
24  POLITEKNIK NEGERI MANADO  150
25  POLITEKNIK NEGERI MEDAN  125
26  POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF JAKARTA 50  
27  POLITEKNIK NEGERI NUSA UTARA 165
28  POLITEKNIK NEGERI PADANG  175
29  POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK  200
30  POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA  200
31  POLITEKNIK NEGERI SEMARANG  150
32  POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA  90
33  POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG  200
34  POLITEKNIK PERIKANAN NEGERI TUAL 130  
NO  PERGURUAN TINGGI  KUOTA
35  POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA      100
36  POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI KUPANG 100
37  POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI PANGKEP 100
38  POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI PAYAKUMBUH 120
39  POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI SAMARINDA 60
40  SEKOLAH TINGGI SENI INDONESIA BANDUNG      60
41  UNIVERSITAS AIRLANGGA    900
42  UNIVERSITAS ANDALAS    900
43  UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG    200
44  UNIVERSITAS BENGKULU    350
45  UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN    200
46  UNIVERSITAS BRAWIJAYA    1,500
47  UNIVERSITAS CENDERAWASIH    300
48  UNIVERSITAS DIPONEGORO    800
49  UNIVERSITAS GADJAH MADA    1,500
50  UNIVERSITAS HALUOLEO    750
51  UNIVERSITAS HASANUDDIN    1,250
52  UNIVERSITAS INDONESIA    600
53  UNIVERSITAS JAMBI    350
54  UNIVERSITAS JEMBER    1,250
55  UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN    600
56  UNIVERSITAS KHAIRUN    550
57  UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT    580
58  UNIVERSITAS LAMPUNG    650
59  UNIVERSITAS MALIKUSSALEH    365
60  UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI    250
61  UNIVERSITAS MATARAM    750
62  UNIVERSITAS MULAWARMAN    700
63  UNIVERSITAS MUSAMUS MERAUKE    600
64  UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO    900
65  UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA    650
66  UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR    775
67  UNIVERSITAS NEGERI MALANG    1,000
68  UNIVERSITAS NEGERI MANADO    600
69  UNIVERSITAS NEGERI MEDAN    630
70  UNIVERSITAS NEGERI PADANG    900
71  UNIVERSITAS NEGERI PAPUA    500
72  UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG    1,750
73  UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA    900 

NO  PERGURUAN TINGGI  KUOTA
74  UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA    1,250
75  UNIVERSITAS NUSA CENDANA    500
76  UNIVERSITAS PADJADJARAN    900
77  UNIVERSITAS PALANGKARAYA    750
78  UNIVERSITAS PATTIMURA    375
79  UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA    525
80  UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA    1,075
81  UNIVERSITAS RIAU    400
82  UNIVERSITAS SAM RATULANGI    700
83  UNIVERSITAS SEBELAS MARET    1,020
84  UNIVERSITAS SRIWIJAYA    550
85  UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA    250
86  UNIVERSITAS SUMATERA UTARA    475
87  UNIVERSITAS SYIAH KUALA    750
88  UNIVERSITAS TADULAKO    450
89  UNIVERSITAS TANJUNGPURA    950
90  UNIVERSITAS UDAYANA    425
91  UNIVERSITAS TERBUKA    1,000
92  UNIVERSITAS TRUNOJOYO    800
93  POLITEKNIK MARITIM SEMARANG    50
94  POLITEKNIK NEGERI FAK FAK    50
95  POLITEKNIK NEGERI SAMPANG    50
96  PERGURUAN TINGGI SWASTA  3,000
97  DITJEN DIKTI*  2,000
JUMLAH    50,000
Nah itulah beberapa kuota bidik misi untuk tahun ini,  Kuota Bidik Misi Tahun 2013 di Seluruh PTN

PENGUMUMAN

untuk melihat informasi umum tentang SNMPTN 2013 dapat dibuka link ini:
http://www.snmptn.ac.id/informasi.html


Bagi adek-adek yang ingin lebih tau tentang apa dan bagaimana jurusan di perguruan tinggi, bisa di lihat di:
http://soal-sukses-snmptn.blogspot.com/2013/01/daftar-ptn-dan-jurusan-beserta.html

pengumuman sertifikasi guru tahun 2013 dapat dilihat di:
http://sergur.kemdiknas.go.id/

Sabtu, 04 Mei 2013

langkah awal pembuatan skripsi



TUGAS METODOLOGI PENELITIAN
NAMA : M. HUSNUL AQIB
NIM     : E1R 010 050
A.     Masalah
Berdasarkan hasil wawancara dengan bebrapa siswa SMP, diperoleh informasi  bahwa mata pelajaran matematika masih dikatakan mata pelajaran yang tersulit diantara pelajaran yang lain. Karena matematika memiliki berbagai macam  bebtuk rumus yang harus dihafal, dan itu juga menyebabkan tidak senang belajar matematika.
Dan berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru SMP  juga diperoleh informasi bahwa hasil belajar matematika masih rendah, terutama pada materi yang sudah memasuki bentuk-bentuk variable seperti persamaan dan pertidaksamaan satu ppeubah, aljabar, persamaan garis lurus, dan SPLDV.
Salah satu standar kompetensi  di kelas VIII semester I adalah memahami persamaan garis lurus dengan kompetensi dasarnya adala memahami gradient, persamaan dan grafik garis lurus, dan diketahui daya serap siswa pada ujian nasional pada kompetensi dasar tersebut masih dibawah rata-rata (Dhoruri, 2011:1). Rendahnya hasil belajar siswa pada materi ini secara tidak langsung menunjukkan  bahrwa pembelajaran yang diterapkan pada materi ini secara umum masih kuran efektif.
Dan diperoleh  data rata-rata nilai matematika (nilai rapor) kelas VIII semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013 di SMPN  gunung Sari (Siti Hadijah, 2012: 1) . Adapun data tersebut adalah sebagai berikut:
Tabel 1
Rata-rata nilai rapor kelas VIII semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013
pada mata pelajaran Matematika
No.
Kelas
Rata-rata nilai
Presentase kelulusan
1
VIII-A
76.27
100%
2
VIII-B
79.36
100%
3
VIII-C
73.56
84%
4
VIII-D
71.47
53%
5
VIII-E
70.59
19%
6
VIII-F
70.88
31%
7
VIII-G
70.16
19%
8
VIII-H
70.50
17%
9
VIII-I
70.34
25%

Berdasarkan data diatas , ada beberapa kelas yang bermasalah dalam hasil belajar matematikanya. Selain karena nilai rata-rata nilainya yang belum bisa mencapai KKM yang ditentukan pada mata pelajaran  matematika yaitu 71, juga dikarenakan presentase ketuntasannya yang sangat jauh dari presentase ketuntasan ideal pada umumnya yaitu 85%.
Dan jika dilihat juga dari rata-rata nilai hasil ulangan harian  pada materi persamaan garis  lurus ternyata masih banyak yang belum mencapai KKM.  Adapun data tersebut adalah sebagai berikut (Siti Hadijah, 2012: 1) :
Tabel 2
Hasil ulangan harian kelas VIII-E, VIII-F, VIII-G, VIII-H, dan VIII-I
pada materi persamaan linier
No.
Kelas
Rata-rata nilai
Ketuntasan
1
VIII-E
36.71
7.65%
2
VIII-F
39.52
9.01%
3
VIII-G
33.91
10.22%
4
VIII-H
30.55
9.71%
5
VIII-I
42.27
3.45%

        Dan berdasarkan hasil data yang diperoleh menggunakan kuesioner  di kelas VIII-B MTs Negeri 1 Mataram tahun 2012, hampir 85% mengatakan bahwa materi persamaan luinier sangat sulit dimengerti. Hal itu disebabkan oleh metode mengajar yang digunakan guru terlalu monoton sehingga menimbulkan rasa bosan dan jenuh pada siswa.

B.      Penyebab Masalah
Hal pertama yang muenyebabkan rendahnya hasil belajar matematika  siswa  adalah motivasi dari siswa itu sendiri, karena dalam mindset mereka telah tersimpan bahwa matematika itu pelajaran yang sulit. Dari masalah ini muncul lagi masalah baru yaitu tidak efektifnya proses pembelajaran. Seperti yang dikemukakan oleh siti hadijah (2012:3) bahwa siswa enggan bertanya kepada guru   ketika  mereka belum paham dan jarang menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru terkait dengan materi yang diajarkan. Begitupun ketika guru memberikan latihan soal atau tugas, mereka cenderung memilih untuk menyalin hasil pekerjaan temannya daripada mengerjakannya sendiri. Ketidak mandirian siswa-siswa tersebut tentunya timbul karena mereka memang belum paham dengan materi yang disampaikan oleh guru. Seringnya ketidakpahaman mereka  membuat mereka beranggapan bahwa maematika adalah pelajaran yang sulit..
Dalam pembelajaran matematika juga jarang diterapkan model atau metode pembelajaran yang bervariasi. Hal tersebut tentunya akan menimbulkan rasa jenuh pada siswa dalam belajar matematika. Adanya kejenuhan membuat motivasi mereka berkurang dan akhirnya berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika. Dhoruri (2011:2) juga  mengatakan salah satu  hal yang kemungkinan menyebabkan  hal tersebut  adalah model pembelajaran yang selama ini diterapkan belum mengacu pada standar proses.

C.      Solusi Masalah
Beradasrkan paparan diatas maka akan ditawarkan sebuah metode pembelajaran  baru khususnya pada materi persamaan garis lurus  yaitu model pembelajaran dengan bantuan computer menggunakan Microsoft excel. Karaena dalam model pembelajaran ini akan menggunakan media computer yang sangat jarang sekali digunakan oleh guru dalam pembelajaran matematika, sehingga akan memberikan motivasi tersendiri pada siswa untuk belajar matematika.  Melalui model pembelajaran ini juga nantinya akan bisa memberikan pengetahuan dan persepsi baru pada siswa bahwa matematika bisa diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu. Oemar Hamalik (2001:236) mengatakan bahwa komputr adalah suatu medium interaktif, dan mempunyai nilai lebih karena dapat member siswa pengalaman kinestetik melalui penggunaan keyboard computer. Proses dalam menggunakan computer sebagai media pembelajaran juga bisa meningkatkan keterampilan berpikir kritis, logis dan memecahkan masalah.