welcome

WELCOME TO aqibmathic.blogspot.com

Rabu, 20 Juni 2012

RPP Pendidikan berkarakter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah           :        SMPN 1 WANASABA  
Mata Pelajaran          :        Matematika
Kelas / Semester        :        VII (Tujuh) / Ganjil

Standar Kompetensi       : 3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu varibael, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar           : 3.3. Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana.     

Indikator                          : a. Kognitif:
                                                      1. Melakukan simulasi aritmetika sosial tentang kegiatan ekonomi sehari-hari
                                                      2. Menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit dan nilai sebagian.
                                                      3. Menentukan besar dan presentase laba, rugi, harga jual, harga beli dalam kegiatan ekonomi.
                                             b. Afektif:
                                                           - Menumbuhkan sikap tanggung jawab, jujur, rasa ingin tahu dan kebersamaan

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit (2 kali pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran
Kognitif :
                              a. Peserta didik dapat Melakukan simulasi aritmetika sosial tentang kegiatan ekonomi sehari-hari.
                              b. Peserta didik dapat menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit dan nilai sebagian.
                              c. Peserta didik dapat Menentukan besar dan presentase laba, rugi, harga jual, harga beli dalam kegiatan ekonomi.
Afektif :
                              Peserta didik dapat Menumbuhkan sikap tanggung jawab, jujur, rasa ingin tahu dan kebersamaan.
                             

Q      Karakter siswa yang diharapkan  : 
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, religius, jujur dan kebersamaan

B.     Materi Ajar
         a. Nilai keseluruhan dan nilai per Unit
         b. Harga beli, harga jual dan laba
         c. Menentukan harga beli dan harga jual berdasarkan presentase laba/ rugi yang diketahui

A.           Model Pembelajaran
Q      Model : Contekstual Teaching and Learning (CTL)
        
Q      Metode : Praktek (Bermain Peran), Diskusi, Tanya Jawab,

D.     Langkah-langkah Kegiatan

         Pertemuan Pertama
         Pendahuluan (Alokasi waktu 5 menit)
-          Guru mengawali pembelajaran dengan memberikan salam kepada siswa.
-          Sebelum pembelajaran dimulai guru memimpin doa untuk mengawali pembelajaran
-          Guru mengabsen siswa (presensi)
-          Apersepsi     : Mengingat kembali beberapa jenis bilangan dan penulisannya.
-         Motivasi       : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan terbantu dalam menyelesaikan dan menentukan nilai keseluruhan dan nilai per unit suatu barang, serta dapat menentukan harga beli, harga jual dan laba. (Nilai yang ditanamkan: religius dan rasa ingin tahu)
        
         Kegiatan Inti
& Eksplorasi (Alokasi waktu 15 menit)
Dalam kegiatan eksplorasi :
a.      Peserta didik diberikan stimulus dengan menunjukkan pentingnya belajar materi aritmetika sosial dalam kehidupan dengan menggunakan media yang menarik, seperti gambar, video dan lain-lain. Pada tahap ini juga diamati salah satu indikator sikap yang diharapkan yaitu „rasa ingin tahu“, seberapa banyak peserta didik yang aktif bertanya, dan kemudian diisi pada lembar observasi (terlampir) (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu)

b.      Peserta didik diberikan kesempatan untuk menceritakan pengalamannya yang berhubungan dengan aritmetika sosial (nilai yang ditanamkan: Rasa percaya diri, Kreatif)

& Elaborasi (Alokasi waktu : 15 menit)
Dalam kegiatan elaborasi:
a.       Peserta didik diberikan tugas dengan memberikan LKS (terlampir) ke masing-masing peserta didik setelah 10 menit peserta didik mengumpulkannya kepada guru. Pada tahap ini juga diamati bagaiamana karakter “jujur“ pada peserta didik. Hal ini diamati berdasarkan seberapa banyak peserta didik yang mengerjakan tugas secara jujur (tanpa menyontek), dan kemudian diisi pada lembar observasi (terlampir) (nilai yang ditanamkan: Jujur, mandiri)
b.      Peserta didik dan guru  secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang ada pada LKS (terlampir). Pada tahap ini juga diamati bagaimana karakter „tanggung jawab“ pada peserta didik. Hal ini diamati berdasarkan seberapa banyak peserta didik yang bersedia menjelaskan teman-temannya tentang soal pada LKS tersebut, dan kemudian diisi pada lembar observasi (terlampir) (nilai yang ditanamkan: Kreatif, jujur)

         Penutup (Alokasi waktu: 10 menit)
a.       Peserta didik dibagi menjadi 7 kelompok, masing-masing kelompok 3-4 orang. Dan nantinya setiap kelompok ditugaskan bermain peran pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b.      Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) untuk membuat tiruan barang-barang dan uang dengan bahan dari kertas, dan dikerjakan berdasarkan kelompok yang telah dibagikan. Contoh tiruan barang-barang dan uang yang akan dibuat terlampir.  (nilai yang ditanamkan:, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c.       Guru menutup kegiatan belajar dengan mengucapkan salam sambil tersenyum.

         Pertemuan Kedua
         Pendahuluan (Alokasi waktu: 5 menit)
-          Guru mengawali pembelajaran dengan memberikan salam kepada siswa.
-          Sebelum pembelajaran dimulai guru memimpin doa untuk mengawali pembelajaran
-          Guru mengabsensiswa (presensi)
-          Apersepsi : Mengingat kembali mengenai operasi pecahan
-          Motivasi   : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat:  
ü  Menentukan Harga beli, harga jual dan laba
ü  Menentukan harga beli dan harga jual berdasarkan presentase laba/ rugi yang diketahui

      Kegiatan Inti
& Eksplorasi (Alokasi waktu: 10 menit)
Dalam kegiatan eksplorasi :
a.         Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi, dan beberapa contoh soal mengenai harga beli, harga jual, laba dan rugi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,);
b.         Guru menjelaskan kepada peserta didik bagaimana aturan-aturan dalam model pembelajaran bermain peran. Peraturannya adalah berdasrkan kelompok yang telah dibentuk pada pertemuan pertama, maka empat kelompok berperan masing-masing sebagai pemilik toko buku, toko pakaian, toko sepatu, dan kios surat kabar / majalah. Kemudian tiga kelompok lainnya berperan sebagai pembeli. Kelompok yang berperan sebagai pemilik toko/ kios menetukan jenis, jumlah, harga beli dan harga jual barang-barang ditokonya pada tabel 1.1  (terlampir), dan mencatat barang-barang yang terjual pada tabel 1.2 (terlampir). Kelompok yang berperan sebagai pembeli menentukan jumlah uang yang dimiliki, dan membelanjakkannya keempat toko/ kios tersebut, kemudian mengisinya pada tabel 1.3 (terlampir). (nilai yang ditanamkan: rasa ingin tahu)

&    Elaborasi (Alokasi waktu: 20 menit)
Dalam kegiatan elaborasi:
a.       Peserta didik melakukan kegiatan bermain tersebut, dan mengisi tabel yang telah dibagikan kesetiap kelompok (terlampir). Pada tahap ini juga diamati karakter „kreatif dan kebersamaan“ pada eserta didik. Untuk karakter kreatif diamati berdasarkan seberapa banyak peserta didik yang kreatif membuat bahan-bahan praktek yang berupa tiruan barang tersebut. Untuk karakter kebersamaan diamati berdasarkan seberapa banyak peserta didik yang kompak dalam kegiatan bermain peran tersebut. Dan kemudian diisi pada lembar observasi (terlampir)  (nilai yang ditanamkan: Jujur, kebersamaan, kreatif);
b.       Peserta didik berkumpul berdasarkan kelompok, dan mendiskusikan hasil yang diperoleh pada kegiatan bermain tersebut (nilai yang ditanamkan: demokrasi, Kerja keras);
c.       Peserta didik memperesentasikan hasil  diskusinya, yang diwakili oleh satu peserta didik setiap kelompok (nilai yang ditanamkan: Rasa percaya diri);

&    Konfirmasi (Alokasi waktu: 5 menit)
Pada tahap ini Guru menjelaskan kepada peserta didik, bahwa dengan mempelajari materi aritmetika sosial ini, kita bisa menjadi pengusaha yang sukses tanpa melakukan korupsi. Karena kita sudah mengerti bagaimana cara dan trik untuk mendapatkan untung yang sebesar-besarnya dengan kejujuran.


         Penutup (alokasi waktu: 5 menit)
a.       Peserta didik diberikan tugas rumah (PR) berupa soal uraian (terlampir)
b.      Guru menutup kegiatan belajar dengan mengucapkan salam sambil tersenyum.

E.     Alat dan Sumber Belajar
         Sumber :    
         -     Buku paket, yaitu buku Matematika untuk SMP/ MTs kelas VII Semester ganjl, karangan husein tampomas, penerbit yudhistira, (halaman 76-93)       
         -     Buku referensi lain.
         Alat/ bahan : Laptop ,LCD, kertas, spidol.
         Penunjang   : LKS
               F.      Penilaian    
                  Teknik                    : Tugas individu (berupa LKS), tugas kelompok (berupa tabel pengamatan), lembar observasi sikap.
                                 Bentuk Instrumen : Uraian, lembar observasi, LKS.
        













Mengetahui,
Kepala  Sekolah


__________________
NIP.
……………, …………….
Guru Mata Pelajaran



__________________
NIP.